Saat ini kegiatan rafting atau biasa di sebut dengan arung jeram sudah bukan jadi kegiatan yang khusus untuk sebagian kelompok tertentu saja, akan tetapi sekarang talah menjadi tempat hiburan bagi kalangan usia. Aruang jeram atau rafting adalah kegiatan yang membutuhkan kemampuan fisik dan mental para rafter. Tentu ada sisi rekreasi dalam olahraga ini karena lokasi rafting ini biasanya berada di daerah yang masih terjaga lingkungannya. Kamu bisa menikmati pemandangan dan suasana yang tenang dan nyaman di sanan. Di kota Malang terdapat bebrapa tempat rafting yang beragam, tapi sekarang kita kan membahas tempat wisata rafting yang ber nama Ndayung rafting .

Wisata Ndayung rafting ini berlokasi di aliran sungai Amprong, yang berada di kawasan lokasi wisata alam Coban Pelangi di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Kec. Poncokusumo, Kab. Malang. Untuk bisa sampai kesana disa kamu tempuh dari kota Malang dengan kendaraan pribadi sekitar 45 menit perjalan atau 20 menit dari Bandara Abdulrachman saleh. Dari arah kota malang harus menuju arah timur melewati kota Tumpang. Kalau menggunakan angkutan umum  dari Terminal Arjosari menuju tumpang menggunakan angkot  (tumpang-arjosari) lalu menuju desa gubuklakah menggunkan angkot (Gubuklakah-Tumpang-Madyopuro). Jika kalu dari arah surabaya kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaranan pribadi.

Keadaan jalan menuju ke lokasi rafting ini naik turun, namun sudah beraspal jadi tidak ada jalan yang rusak. Di sepanjang perjalanan terdapat perbukitan di kana dan kiri jalan dengan pemandangan yang sangat indah dengan udara yang sejuk. Di perbukitan itu banyaj ditanami oleh beragam tanaman oraganik karena di poncokusssuma memeng terkenal dengan hasil perkebuanan yang sangat bagus. Cukup banyak banyak panan jaln yang menunjukan lokasi ndayung rafting ini. Jika kamu sampai kemalam sampai di lokasi rafting ini kamu tidak usah khawatir karena disini sudah ada fasilitas homestay dan camping area yanng sangat terjangkau. Dari desa gubuklakah kamu juga bisa menikmati pemmandangan kota Malang dari puncak pegunungan di sisni.

Melakuakan rafting di sini akan memberikan sensasi yang berbeda dengan rafting lainnya. Jalur rafting di Ndayung rafting ini melewati Desa Gubuklakah dan Mbesuki yang masih di dalam wilayah Kecamatan Poncokusumo. Sungai yang di gunakang ini adalah aliran sungai Amprong memiliki panjang jalur pengarungan mencapai 7  km uantuk para raftet pemula bisa di tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Sungai Amprong memiliki karakteristik dengan ada banyak bebatuan yang besar, tapi sedikit dangkal, dengan arus yang deras dan memiliki 20 jeram dan 2 jeram andalan yaitu jeram welcome, dan double jeram loading dengan ketingina kurang lebih 4-5 meter. Tikat kesulitan sekitar 3-3,5 sehingga cocok untuk para rafter pemula maupaun rafter profesional.

Ndayung rafting ini memyuguhkan pemandanagn yang sangat eksotis di sisi kanan kiri sungai yang akan dilewati di lereng utara Gunung Semeru. Akan terdapat pemandanagan air terjun di tengah pengarungan, perbukitan, yang indah di sekililingnya dengan sungainya yang jernih dan ditambah idara yang sejuk. Selain pemandangan tebing- tebing dan perkebunan apel dan sayur-sayurandi kejuhan dan hutan-hutan yang masih sangat rimbun di sisinya.

Pengelola Nayung rafting berbascam di kawasan wisata alam coban pelangi di desa Gubuklakah, Kec. Poncokusumo. Letak bascam sangat strategis sehingga kamu bisa menikmati pemandanagn sekitar yang menkjubkan sambil menghirup udara segar. selain rafting di nayung rafting ini terdapat beberapa pekat yang di tawarkan. Program yang di tawarkan sebagian besar berbasis pada alam bebas dan kegiatan yang akan memacu adrenalin anda. Nah itu tadi sedikit pembahasan  kita tantang Ndayung rafting.