Berwisata Di Pantai Sendang Biru

Kabupaten Malang adalah salah satu kawasan yang menyimpan destinasi wisata alam mengagumkan. Salah satunya adalah Pantai sendang Biru, yang terletak di Selatan Kota Malang. Pantai yang satu ini menyimpan kekayaan bahari yang tak kalah menariknya dibanfing pantai-pantai di Pulau Bali maupun pantai di wilayah Indonesia Timur lainnya.

Secara geografis, Pantai Sendang Biru berada di pesisir Selatan Samudera Indonesia dan berjarak sekitar 67 km arah selatan dari Kota Malang. Kalau kamu berkendara dari pusat Kota Malang, maka dibutuhkan sekitar 2,5 jam perjalanan.

Berbeda dari pantai lain di Malang, Sendang Biru berhadapan langsung dengan sebuah pulau kecil. Pulau tersebut bernama Pulau Sempu yang keduanya dipisahkan oleh sebuah selat sepanjang 4 km. Di selat inilah para wisatawan biasanya melakukan aktivitas olahraga air. Pantai Sendang Biru juga menjadi satu-satunya akes masuk menuju ke Pulau Sempu yang terkenal dengan pemandangan alamnya.

Saat berkunjung ke Pantai Sendang Biru, pasti ada kesan berbeda saat singgah ke Pulau Sempu. Selain ada danau laut, pulau ini juga menjadi salah satu cagar alam. Saat memasuki kawasan hutan di pulau kecil ini, kamu akan menjumpai sebuah danau air tawar dimana banyak sekali ikan lele yang hidup di dalamnya. Oh ya, Pantai Sendang Biru juga terkenal sebagai tempat pelelangan ikan, yang menariknya kamu bisa membeli ikan segar secara langsung dari nelayan yang baru berlabuh dari melaut.

Sayangnya, belakangan ini banyak wisatawan yang mengatakan kalau Pantai Sendang Biru tidak cukup menarik lagi untuk dikunjungi. Hal ini, mungkin dikarenakan pantainya yang sudah terekspos menjadi kawasan wisata, yang justru membuat pantai lebih sesak oleh perahu nelayan.

Walaupun begitu, tetap saja pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Biasanya wisatawan hanya sekedar duduk-duduk bersantai menikmati angin laut sambil menyaksikan panorama Pulau Sempu dari kejauhan. Para wisatawan terlihat membaur dengan nelayan yang sibuk berlalu lalang baik yang akan berangkat melaut maupun yang tengah bersandar.

Kondisi pantai yang kerap dianggap kurang menarik oleh sebagian orang ini, sepertinya tidak akan berlaku bagi wisatawan yang memang sangat menyukai wisata pantai. Karena di sini, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti memancing, atau berkeliling menggunakan perahu nelayan yang disewakan.

Karena banyaknya wisatawan yang berkunjung, sudah pasti ada sampah yang akan terbawa. Nah, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab kita terhadap alam, ada baiknya untuk memungut atau tidak meninggalkan sampah apapun. Sayang kan kalau sampai sampah plastik yang kita bawa dan tertinggal di pantai malah menjadi santapan bagi makhluk air. Belum lagi, pemandangan pantai yang akan terlihat kurang enak dipandang karena adanya sampah yang berserakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *